Sabtu, 29 Desember 2012

Kaleidoskop 2012 : 12 Berita Terpilih Tentang Kiamat 2012

Kiamat menjadi salah satu topik terhangat yang dibicarakan selama tahun 2012. Selain karena banyak orang yang menantikan-nantikan tentang benar-tidaknya ramalan yang didasarkan atas kalender suku maya, tetapi juga menarik untuk melihat tingkah laku orang-orang dalam menyambut akhir zaman ini. Berikut 12 berita terpilih dari redaksi Jawaban.Com mengenai Kiamat 2012 :



1. 28 Januari 2012, Hari Kiamatnya Facebook Pihak Anynomous mengeluarkan ajakan kepada warga dunia maya untuk bergabung dalam gerakan mereka yang bernama Operation Global Blackout. Gerakan ini muncul untuk sebagai reaksi atas kebijakan Pemerintah Amerika Serikat yang bernama Pakta SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect IP Act). Meski bukanlah perang di dunia nyata, tetapi perang virtual ini berhasil menarik perhatian para pengakses internet.

 2. Meksiko Jadikan Kiamat Sebagai Tempat Wisata Pemerintah Meksiko mengambil kesempatan ketika banyak orang membicarakan mengenai kiamat menurut kaleder suku Maya kuno dengan menyulap wilayah tempat suku Maya tinggal menjadi tempat wisata yang menarik dan layak dikunjungi oleh para turis mancanegara. Pemerintah Meksiko menargetkan akan ada 52 juta turis yang akan mengunjungi negeri itu pada tahun 2012.

3. Harold Camping : Saya Tidak Akan Memprediksikan Kiamat Lagi Setelah beberapa kali salah memprediksikan, pendiri Family Radio, Harold Camping mengumumkan pada awal bulan Maret 2012 bahwa dia tidak mempunyai rencana untuk memprediksi lagi tentang hari penghakiman dari Tuhan. Dia juga menyatakan permintaan maafnya kepada para pendengarnya dan mengakui kesalahan yang telah diperbuat olehnya tersebut.

4. Kondominium Anti Kiamat di Bawah Tanah Sebuah kondominium mewah di bawah tanah Kansas, Amerika Serikat. Pengembangnya, Larry Hall menjamin kondominium yang bernama Dormsday Preppers ini anti kiamat, anti jilatan api matahari, anti serangan teroris, dan anti pandemi penyakit bahkan disebut tahan gempa. Adapun fasilitas yang terdapat dalam kondominum tersebut antara lain kolam renang, bioskop, sekolah dan juga perpustakaan. Seperti dikutip dari dailymail, pengembang sudah mengumpulkan US$ 7 juta dari pembeli.

5. Sekte Bersimbol 666 :Kiamat Terjadi 30 Juni 2012 Sebuah sekte yang menamakan diri sebagai "Bertumbuh dalam Kasih" merilis ramalan kiamat mereka. Sebuah billboard pun dipasangkan di sejumlah lokasi di Amerika Serikat (AS). Adapun bunyi dari iklan billboard tersebut bahwa kiamat akan terjadi pada 30 Juni 2012 mendatang. Billboard itu pun menampilkan pemimpin mereka, Jose de Luis de Jesus tengah tersenyum dengan simbol angka 666 tertera di bawahnya, mengajak orang bergabung dengan mereka.

6. Terjadinya Kiamat Menurut Para Astrofisikawan Para astrofisikawan dari University of Warwick memberikan gambaran kiamat versi mereka. Menurut para ilmuwan ini,ada empat bintang putih kecil yang dikelilingi debu menutupi planet yang hancur. Bintang kerdil putih itu sendiri merupakan tahap akhir kehidupan bintang seperti matahari. Menggunakan Hubble Space Telescope, para peneliti menemukan unsur-unsur yang paling sering terjdi dalam debu di sekitar keempat bintang tersebut adalah oksigen, magnesium, besi dan silicon. Empat komposisi yang juga membentuk bumi sekitar 93%. "Apa yang kita lihat pada bintang kerdil putih ini merupakan kondisi beberapa ratus tahun cahaya yang menjadi gambaran masa depan bumi. Saat matahari mencapai akhir hidupnya, bintang ini menjadi raksasa merah begitu bahan bakar nuklir di intinya habis," paparnya. 7. Kiamat Internet Hanya Isu, Ini Pernyataan Resmi Kemenkominfo Rumor seputar kiamat internet yang kabarnya akan terjadi pada hari ini Senin (9/7/2012), memaksa Kementerian Komunikasi dan Informatika menerbitkan pernyataan resmi di situs kementerian tersebut pada hari Minggu (8/7/12) pukul 22.35 WIB. Adapun salah satu bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh Keminfo : "Kepada masyarakat diimbau untuk tetap melakukan aktivitas yang terkait dengan penggunaan Internet seperti biasa dan tidak perlu panik dan apalagi justru meniadakan aktivitas dengan Internet sejak 9 Juli 2012." 8. Takut Kiamat 21 Desember 2012, Warga Australia Bangun Bunker Sekelompok orang di Australia yang membangun bungker di perbukitan untuk menghindari bencana yang mungkin terjadi di akhir tahun 2012 ini. Berita yang diliris oleh ABC News pada Selasa (7/8) ini menyatakan bahwa kelompok ini percaya kiamat akan terjadi pada 21 Desember 2012. Tetapi mereka membuat prediksi kiamat ini bukan berdasarkan penanggalan suku Maya, melainkan berdasarkan teks Mesir kuno dan juga referensi ayat-ayat Alkitab, serta tubuh mammoth yang membeku.


9. Truk Khusus untuk Hadapi Bencana dan Kiamat Sebuah truk unik ditemukan dalam pameran modifikasi SEMA di Las Vegas, AS. Truk ini dimodifikasi sebagai kendaraan yang diklaim oleh segolongan masyarakat khusus untuk menghadapi hari kiamat dan bencana. Jim DeLozier dari California membangun kendaraan bernama Survivor Truck ini dengan dana sebesar US$ 100.000 sampai US$ 600.000 yang mampu menahan serangan nuklir, dan serangan senjata kimia. Dengan tangki yang memiliki kapasitas 300 galon atau sekitar 1.000 liter lebih BBM, pembeli tak perlu khawatir truk kehabisan BBM-nya dalam sekejap.

10. Keluarga Southwick Persiapkan Diri Hadapi Kiamat Sebuah keluarga yang tinggal di pinggiran Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, mempersiapkan diri menghadapi kiamat. Sebagaimana dirilis oleh yahoo news Indonesia, Rabu (14/11) lalu, suami istri bernama Braxton dan Kara Southwick ini mengaku bahwa apa yang mereka lakukan semata-mata untuk berjaga-jaga apabila akhir zaman tiba.

11. Kiamat 21-12-12 Dibuat Setan Meski kalangan suku Maya telah mengkonfirmasi bahwa tanggal 21-12-2012 bukanlah waktu kiamat, tetapi tidak sedikit yang masih memercayai bahwa itu adalah hari akhir dari dunia yang ada sekarang. Melihat hal tersebut, salah seorang tokoh Kristen Indonesia Daniel Panji pun memberikan pendapatnya. "Mereka (suku maya) sendiri ragu, lah ngapain kita mau percaya orang yang ragu ? Apakah kita ragu sama Firman ? Kita gak boleh ragu sama firman. Kenapa kita harus follow ramalan ?" ujarnya "Kita udah gak percaya ramalan, itu pembohong semua dan itu setan yang buat," ucap Daniel dengan tegas.

12. Antropolog : Suku Maya Tidak Pernah Meramalkan Kiamat Seorang ilmuwan asal Amerika Serikat, Walter RT Witschey, memberikan tanggapannya atas banyaknya pihak yang mengaitkan ramalan akhir zaman 21 Desember 2012 lalu dengan kalender suku Maya kuno. "Mereka tak pernah mengatakan itu," ujar Walter yang terkenal sebagai peneliti Maya dan guru besar antropologi di Universitas Longwood, Virginia, AS. http://www.jawaban.com/index.php/mobile/mesin_tanya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar